Analisis Kemampuan Numerik Siswa SMP Ditinjau Dari Perbedaan Gender

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan numerik siswa kelas VII, VIII dan IX SMP Negeri 26 Poleang Timur ditinjau dari perbedaan gender. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 26 Poleang Timur sebanyak 65 orang. Penentuan sampel penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik Total sampling. Data diperoleh dengan menggunakan nilai siswa pada hasil tes kemampuan numerik dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil olah data, diperoleh beberapa kesimpulan berikut: (1) Kemampuan numerik siswa laki-laki di SMP Negeri 26 Poleang Timur yaitu 100% berada pada kemampuan numerik rendah, (2) Kemampuan numerik siswa perempuan di SMP Negeri 26 Poleang Timur yaitu 84,61% mempunyai kemampuan numerik rendah dan 15,38 % siswa perempuan yang memiliki kemampuan numerik sedang, (3) Hasil analisis deskriptif tersebut menunjukkan bahwa kemampuan numerik siswa perempuan lebih baik daripada kemampuan numerik laki-laki.