Meningkatkan Kemampuan Hitung Pecahan Desimal Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan hitung pecahan desimal siswa dengan menerapkan pendekatan realistic mathematic education dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 37 Kendari pada 11-27 april 2019. Objek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD tahun ajaran 2018/2019 sejumlah 34 orang yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Prosedur penelitian ini terdiri atas empat langkah dan dilaksanakan secara sistematis dengan perencanaan yang telah ditentukan, diantaranya yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan hitung pecahan desimal siswa kelas VI SD Negeri 37 Kendari dapat ditingkatkan melalui pendekatan realistic mathematic education. Peningkatan tersebut dapat ditunjukkan dengan presentase ketuntasan hasil belajar siswa pada kemampuan awal sebesar 52,94%, meningkat menjadi 70,59% pada siklus I, dan meningkat kembali pada siklus II menjadi 82,35%.