Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Kepercayaan Diri terhadap kemampuan komunikasi dan hasil belajar Matematika siswa SMP Negeri 1 Barangka. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Barangka. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Stratified Random Sampling sehingga terpilih kelas VII2, VIII4, IX1. Pengambilan data dilakukan dengan pemberian tes kemampuan komunikasi matematika, angket kepercayaan diri dan dokumentasi hasil belajar matematika. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan (1) Kepercayaan diri siswa (X) berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematika (Y1) siswa SMP Negeri 1 Barangka sebesar 29,9%, yang menunjukkan bahwa kepercayaan diri memiliki pengaruh positif terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa. (2) Kepercayaan diri siswa (X) memiliki pengaruh terhadap hasil belajar matematika (Y2) siswa SMP Negeri 1 Barangka, sebesar 79%, yang menunjukkan bahwa kepercayaan diri memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa.