Peningkatan Hasil Belajar IPS Dengan Penerapan Media Visual Di Masa New Normal

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih kurangnya penerapan media pembelajaran yang bisa memaksimalkan hasil belajar IPS di SDN 111 Rejang Lebong. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS di kelas V. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 111 Rejang Lebong. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen penelitiannya berupa lembar obsevasi dan lembar tes untuk peserta didik. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Media Visual pada mata pelajaran IPS di masa pandemi new normal dapat membantu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal tersebut terlihat dari grafik peningkatan hasil belajar IPS yang menunjukkan bahwa rata-rata nilai pada siklus I sebesar 67,8 dengan presentase kelulusan kelas sebesar 50% meningkat menjadi 78,1% pada rata-rata nilai dan 88,9% pada kelulusan kelas. Angka tersebut termasuk kategori “baik sekali”.  Hasil penelitian ini dapat menjadi referensi bagi guru dan pihak sekolah untuk terus mengoptimalkan penerapan media visual pada setiap mata pelajaran tidak tertutup hanya untuk IPS saja serta media lainnya yang juga bisa diterapkan dan dikembangkan dalam upaya membantu meningkatkan hasil belajar peserta didik, dan membantu guru dalam menyampaikan materi terutama di masa pandemi new normal.