Penerapan Model Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VSD Negeri 84 KendariĀ dalam menyelesaikan soal panjang sisi miring pada segitiga siku-siku melalui model problem solving. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi & evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 84 Kendari dengan jumlah 27 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara dan tes hasil belajar. Indikator kinerja yang berkaitan dengan peningkatan hasil belajar matematika siswa yaitu minimal 75% siswa telah memperoleh nilai 6,0. Berdasarkan hasil evaluasi pada setiap tindakan dalam penelitian ini, diperoleh data pada siklus I pertemuan pertama dan kedua mendapat rata-rata nilai siswa sebesar 60,74 dan 74,07. Nilai rata-rata siswa pada siklus II pertemuan pertama dan kedua sebesar 80 dan 84,44. Hasil ini menunjukkan bahwa kemampuan matematika siswa kelas V SD Negeri 84 Kendari dalam menyelesaikan soal panjang sisi miring pada segitiga siku-siku dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran problem solving.