Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pairs Checks Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar kimia siswa  kelas XI SMAN 02 Bombana pada materi hidrokarbon dan minyak bumi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe pair checks. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 di kelas XI SMAN 02 Bombana yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus, meliputi: (a) perencanaan; (b) pelaksanaan tindakan; (c) observasi dan evaluasi, (d) refleksi. Berdasarkan hasil analisis data penelitian maka dapat disimpulkan yaitu penerapan model pembelajaran kooperatif tipe pairs checks berhasil meningkatkan aktivitas siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran kimia khususnya pada materi pokok hidrokarbon dan minyak bumi. Nilai rata-rata siswa pada siklus I dan siklus II menunjukkan peningkatan yaitu dari 63,39 menjadi 75,17. Ketuntasan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan persentase dari 46,43% menjadi 85,71%. Berdasarkan ketuntasan belajar yang telah dicapai pada siklus II sebesar 85,71% maka indikator keberhasilan 75% siswa dengan nilai yang diperoleh ≥65 sudah tercapai.