Meningkatkan Motorik Kasar Anak Melalui Metode Bermain

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui metode bermain pada anak di TK Dharma Wanita Kelurahan Pasarwajo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tahapan dalam penelitian ini mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas, yaitu: (3) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi/pengamatan, dan (4) refleksi.  Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik pada Kelompok B TK Dharma Wanita Kelurahan Pasarwajo Kecamatan Pasarwajo yang berjumlah 20 orang yang terdiri atas 11 orang anak perempuan dan 9 orang anak laki-laki dengan rentang usia 5 sampai 6 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan motorik kasar anak melalui gerak dan lagu terdapat peningkatan yaitu sebelum tindakan diperoleh persentase sebesar 30% dan mengalami peningkatan pada siklus I yaitu sebesar 70%. Pada siklus II diperoleh persentase sebesar 90%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan motorik kasar dapat ditingkatkan melalui metode bermain pada anak di TK Dharma Wanita Kelurahan Pasarwajo Kecamatan Pasarwajo Kabupaten Buton tahun pelajaran 2018/2019.