Pengaruh Biaya Promosi Dan Tingkat Margin Terhadap Peningkatan Penyaluran Dana Pembiayaan Murabahah

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh biaya promosi dan tingkat margin terhadap peningkatan penyaluran dana pembiayaan murabahah pada PT. BPRS Amanah Bangsa. Tujuannya adalah untuk mengamati dan mengetahui secara empiris pengaruh biaya promosi dan tingkat margin terhadap peningkatan penyaluran dana pembiayaan murabahah pada PT. BPRS Amanah Bangsa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara mengambil data biaya promosi dan tingkat margin serta volume penyaluran dana dari tahun 2012 sampai dengan tahun 2015 (48 bulan). Regresi linier berganda digunakan sebagai teknik analisis. Hasil penelitian menujukkan bahwa biaya promosi dan tingkat margin keduanya berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan penyaluran dana pembiayaan murabahah. Dari hasil analisis regresi diketahui bahwa variabel biaya promosi memiliki pengaruh lebih kuat dibandingkan variabel tingkat margin terhadap penyaluran dana pembiayaan murabahah.