Pengaruh Religiusitas, Lokasi Dan Reputasi Terhadap Minat Menabung Dengan Pengetahuan Masyarakat Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Masyarakat Kabupaten Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh,religiusitas, lokasi, reputasi terhadap minat menabung dengan pengetahuan masyarakat kabupaten semarang sebagai variabel pemediasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada Masyarakat Kabupaten Semarang sebanyak 100 sampel responden dengan purposive sampling yang merupakan salahsatu teknik pengumpulan data nonprobability sampling, dengan pertimbangan sebagai berikut : (1) Masyarakat Kabupaten Semarang (2) Berusia 17 tahun atau lebih. Data yang diperoleh kemudian di olah dengan menggunakan alat bantu IBM SPSS 24. Analisis ini meliputi uji reliabilitas, uji validitas, uji asumsi klasik, uji statistik, uji menggunakan path analysis.Berdasarkan hasil uji t test pertama di peroleh bahwa variabel religiusitas berpengaruh positif  dan  tidak signifikan terhadap minat menabung, lokasi berpengaruh  positif dan tidak signifikan terhadap minat menabung, artinya reputasi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap minat menabung, pengetahuan berpengaruh tidak positif dan  tidak signifikan terhadap minat menabung. Hasil uji t test kedua menunjukkan bahwa variabel religiusitas berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap pengetahuan, lokasi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap pengetahuan, reputasi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap pengetahuan