Pengaruh Religiusitas Terhadap Minat Mahasiswa Politeknik Negeri Bandung Untuk Menabung Di Bank Syariah

Abstract

Minat masyarakat untuk menabung di bank syariah tergolong masih minim. Hal tersebut tercermin dari market share bank syariah yang masih berkutat di kisaran 5% sampai akhir 2017. Beberapa penelitian sebelumnya banyak ditemukan bahwa faktor religiusitas berpengaruh terhadap minat masyarakat untuk menabung di bank syariah. Akhir-akhir ini anak muda di Indonesia cenderung untuk mengenal agama lebih jauh. Sehingga menarik untuk diteliti lebih lanjut pengaruh faktor religiusitas anak muda terhadap minat untuk menabung di bank syariah. Penelitian dilakukan pada mahasiswa Politeknik Negeri Bandung. Analisis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Sehingga diperoleh hasil penelitian bahwa religiusitas mempengaruhi minat menabung di bank syariah sebesar 12,3%. Sementara itu, religiusitas diproksikan oleh komitmen dan kepribadian.