Hubungan Interaksi Edukatif dengan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas Tinggi di SD Muhammadiyah Polanharjo Klaten Tahun Pelajaran 2019/2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) interaksi edukatif kelas tinggi dalam kegiatan pembelajaran matematika; 2) minat belajar matematika siswa kelas tinggi; 3) hubungan antara interaksi edukatif dengan minat belajar matematika siswa kelas tinggi  di SD Muhammadiyah Polanharjo Klaten Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan analisis korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah Polanharjo Klaten pada Semester Genap Tahun ajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas tinggi di SD Muhammadiyah Polanharjo sejumlah 88 siswa. Sampel sejumlah 72 siswa yang dihitung dengan menggunakan rumus slovin dengan taraf kesalahan 5%. Pengambilan sampel dengan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrument angket yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa 1) Tingkat interaksi edukatif termasuk kedalam kategori baik yaitu sebesar 57%; 2) Minat belajar matematika siswa diperoleh persentase 65 % dengan kategori baik; 3) Berdasarkan hasil uji korelasi dengan rhitung = 0,509, rtabel = 0,227, maka diperoleh rhitung >rtabel. Maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara interaksi edukatif dengan minat belajar matematika siswa kelas tinggi di SD Muhammadiyah Polanharjo Klaten tahun pelajaran 2019/2020.