Implementasi Keterampilan Bahasa Siswa di Mi Darussalam 01 Pucangan Kartasura Sukoharjo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi keterampilan bahasa Indonesia kelas V di MI Darussalam 01 Pucangan Kartasura Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, yang dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Subyek dalam penelitian ini guru mata pelajaran tematik sekaligus wali kelas V, kepala sekolah, dan sebagian siswa kelas V. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data menggunakan model analisis interaktif yaitu dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan mengambil kesimpulan. Berdasarkan analisis data dari implementasi keterampilan bahasa siswa dapat disimpulkan metode yang digunakan dalam melatih keterampilan bahasa menggunakan variasi metode pembelajaran seperti metode STAD (Student Team Achievement Divisions), CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition), TAI (Team Assisted Individualization), dan bercerita.