Peningkatan Hasil Belajar Konsep Dasar IPA Melalui Model Pembelajaran Jigsaw
Abstract
Indonesia termasuk kedalam negara dengan peserta didik yang memiliki kemampuan literasi, sains serta matematika rendah berdasarkan skor Trends In International Mathematics and Science Study (TIMSS) dan Programme for International Student Assessment (PISA) tahun 2018, hal ini dapat dipengaruhi oleh banyak faktor seperti faktor internal maupun eksternal. Salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi adalah pembelajaran yang terpusat pada pendidik dan metode penyampaian materi yang monoton, sehingga diperlukan suatu model pembelajaran yang interaktif, salah satunya model pembelajaran tipe jigsaw. Tujuan penelitian melihat pengaruh penerapan model jigsaw terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan quassy experiment dengan pengambilan sampel secara purposive sampling dan analisis data menggunakan uji N-gain di kelas 4D dan 4C mahasiswa PGMI IAIN Surakarta. Hasil penelitian menunjukkan model jigsaw pada pembelajaran konsep dasar IPA dapat meningkatkan hasil belajar sebesar 0,72% yang termasuk kategori tinggi dibandingkan kelas kontrol. Selain itu penerapan model pembelajaran jigsaw juga dapat meningkatkan angka ketuntasan belajar pada peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi konsep dasar IPA.