Hubungan Kecerdasan Intrapersonal dengan Minat Belajar Matematika Kelas V Madrasah Ibtidaiyah di Karanganyar
Abstract
Tujuan dari penelitian untuk mengetahui: 1) Tingkat kecerdasan intrapersonal siswa kelas V; 2) Minat belajar matematika siswa kelas V; 3) Hubungan antara kecerdasan intrapersonal dengan minat belajar matematika siswa kelas V dan mengetahui model regresi linier sederhana antara kedua variabel. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional. Populasi siswa kelas V MI se-Kabupaten Karanganyar berjumlah 290 siswa dengan jumlah sampel 148 siswa yang diambil menggunakan teknik sampling area, namun hanya 148 data yang dianalisis. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kecerdasan intrapersonal siswa kelas V berada pada kategori sedang sebesar 54,70%; (2) Minat belajar matematika siswa kelas V berada dalam kategori sedang sebesar 51,40%; (3) Terdapat hubungan yang positif antara kecerdasan intrapersonal dengan minat belajar siswa kelas V dengan nilai  0,870 >  0,159,  Model regresi linier sederhananya adalah  = 22,978 + 0,851X. Model tersebut mengandung makna bahwa disetiap penambahan 1 satuan kecerdasan intrapersonal akan mampu meningkatkan minat belajar matematika siswa sebesar 0,851 satuan, sehingga dapat disimpulkan, semakin tinggi kecerdasan intrapersonal pesert didik, maka semakin meningkat pula minat belajarnya.