Analisis Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar Surakarta

Abstract

Pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 membuat guru harus memutar otak untuk berinovasi dan kreatif dalam menyalurkan pengetahuan kepada peserta didik dengan berbagai cara. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari 2021 di SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta. Tujuan penelitian ini: 1) mengetahui implementasi strtegi pembelajaran daring di era pandemi COVID 19 pada sekolah dasar; 2) mengetahui kesulitan yang dialami guru selama menerapkan pembelajaran daring di era pandemi COVID 19 pada sekolah dasar. Subjek penelitian ini adalah guru wali kelas IIID. Jenis penelitian ini merupakan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara terstruktur, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan trianggulasi data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini yaitu:1) Pembelajaran daring dilaksanakan sesuai kebijakan sekolah melalui zoom meeting setiap hari pada pukul 08.00-10.45 cukup efektif, hal ini dibuktikan berdasar nilai tengah semester yang menunjukkan rata-rata diatas batas minimum; 2) Kendala yang dialami selama pembelajaran daring di kelas adalah tidak optimalnya guru dalam menjelaskan materi, kendala signal dan masih ada beberapa peserta didik yang belum memiliki HP pribadi untuk mengikuti pembelajaran daring melalui zoom meeting dikarenakan HP dibawa oleh orangtua, sehingga guru selalu memberikan rekaman zoom meeting dan materi dalam bentuk file.