Kreativitas Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open-Eded menggunakan Pendekatan Ethnomatematika Dimasa Pandemi
Abstract
Masa pandemi ini pemeritah membuat kebijakan untuk melakukan pembelajaran dirumah masing-masing siswa. Pembelajaran ini terkenal dengan pembelajaran sistem daring. Salah satu efek dari pembelajaran daring yaitu menurunkan minat siswa dalam belajar. Sehingga peneliti menggunakan soal yang menarik siswa yaitu dengan pendekatan ethnomatematika. Ethnomatematika mengandung soal yang berkaitan dengan budaya sekitar. Soal open-ended dengan pendekatan ethnomatematika berhasil menarik minat siswa untuk mengerjakan dan lebih memahami konsep lingkaran. Dari uji soal dan wawancara keseluruhan siswa dapat memahami soal dengan baik dan menghubungkan jawaban kedalam konsep lingkaran dengan tepat. Secara keseluruhan siswa dapat menyelesaikan persamaan lingkaran dan garis singgung lingkaran. Hanya satu siswa yang tidak meragukan dalam menyelesaikan garis singgung lingkaran dengan pusat (a,b). Jawaban yang diberikan dihubungkan dengan konsep ingkaran dengan sangat baik. Siswa juga dapat memunculkan ide-ide baru untuk mendaatkan jawaban lebih banyak.