Penerapan Model Canvas, Marketing Mix Dan Teknologi Informasi Untuk Peningkatan Pemasaran Dan Penjualan (Pengabdian kepada Masyarakat untuk UMKM di Wilayah Cirebon)

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah wujud nyata implementasi mata kuliah Kewirausahaan dan salah satu upaya mendukung misi pemerintah dalam rangka mencetak wirausaha baru. Implementasi ini seiring dengan kebutuhan UMKM binaan mitra tentang peningkatan penjualan dengan strategi marketing dan penyusunan biaya yang efektif sehingga memerlukan trik dan tips dalam menghadapinya. Dengan melibatkan UPTD PPMPP Cirebon yang merupakan UPTD Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat sebagai mitra dan sebanyak 60 orang peserta yang berasal dari UMKM binaan mitra, kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan diantaranya adalah sebagai berikut: 1) Meningkatkan pengetahuan, keterampilan maupun sikap atau nilai-nilai yang benar dalam mengembangkan wirausaha baru; 2) Menciptakan dan mengembangkan kemampuan usaha terutama dalam menyusun bisnis model canvas, strategi marketing mix, pemanfaatan teknologi informasi dan rencana penjualan serta penyusunan biaya agar dapat mengembangkan UMKM dan meningkatkan kesejahteraan dan  ekonomi masyarakat. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini berupa ceramah dan diskusi.  Hasil dari kegiatan ini Peserta mendapatkan ilmu dan pengetahuan serta praktek tentang penyusunan model bisnis canvas, strategi marketing mix dan pemanfaatan teknologi informasi yang cukup penting dalam peningkatan penjualan dan pengembangan usahanya serta penyusunan anggaran biaya usaha