Pendampingan Usaha Oncom Dawuan Makanan Khas Kabupaten Subang Jawa Barat
Abstract
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan sektor ekonomi nasional yang paling strategis dan menyangkut hajat hidup orang banyak sehingga menjadi tulang punggung perekonomian Nasional. Salah satu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Subang adalah Oncom Dawuan yang merupakan makanan khas Kabupaten Subang. Oncom Dawuan dirintis sejak 1960, sehingga merupakan usaha turun temurun. Namun masalah yang dihadapi oleh usaha ataupun industri kecil saat ini adalah pengelolaan industri dan pemasaran. Dengan pengabdian masyarakat terkait pendampingan UMKM pada jenis makanan tradisional Oncom Dawuan diharapkan dapat memberikan solusi dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. Metode penyelesaian masalah yang digunakan berdasar pada pendekatan manajemen dalam strategi kemasan, meningkatkan hasil produksi dan memperluas hasil penjualan dengan 4 (empat) tahapan pelaksanaan program yaitu persiapan, implementasi kegiatan, monitoring dan evaluasi serta pelaporan. Program pengabdian masyarakat yang dilakukan adalah dengan inovasi kemasan agar lebih menarik dan sesuai dengan aturan Dinas Kesehatan Kota Subang, peningkatan produksi dengan pendekatan manajemen dan perluasan pemasaran pada sosial media serta pasar modern.