Pengaruh Fasilitas dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan : Studi Kasus Mahfoed Life Gym

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh fasilitas dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan Mahfoed Life Gym. Jenis penelitian yang digunakan adalah asosiatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian terdiri dari : fasilitas (X1) dan Lokasi (X2) sebagai variabel independen, dan Kepuasan Pelanggan sebagai variabel dependen (Y). Seluruh variabel diukur dengan menggunakan skala Likert. Jumlah sampel yang diteliti adalah 60 responden. Pengujian instrumen dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Alat analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan SPSS. Hasil penelitian menunjukan garis regresi sebagai berikut : Y=10.6690-0,123X1+0,334X2+e. Nilai R (Koefisien Korelasi) yang diperoleh sebesar 0,786 atau 78,6% dan nilai R Square (Koefisisen Determinasi) sebesar 0,618 atau 61,8%. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial Fasilitas tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan sedangkan Lokasi berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Secara simultan terbukti bahwa Fasilitas dan Lokasi berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan Mahfoed Life Gym. Sehingga dapat disarankan kepada pemilik Mahfoed Life Gym untuk melakukan peningkatan dalam hal yang berkaitan dengan lokasi Mahfoed Life Gym.