Strategi Sharia’ Marketing Pick Up Service Koperasi Syariah TKI Artha Mulya Lamongan
Abstract
Tujuan penelitian adalah ingin mengetahui strategi pemasaran yang Islami serta kelemahan dan kelebihan dari Pick Up Service (pelayanan jemput bola) dari costumer (nasabah) kepada koperasi Sariah TKI Artha Mulya dan sebaliknya. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif atas gambaran Strategi Sharia’Marketing dengan model Pick Up Service pada Islamic Microfinance yang bernama koperasi syariah TKI Artha Mulya yang langsung ditujukan kepada narasumber dengan bantuan alat penelitian yang terkemas dalam triangulasi agar mendapat data yang bisa diketahui kebenaranya. Hasil penelitian adalah 1) strategi pemasaran dengan Pick Up Service untuk Simpanan Barokah Keluarga (SIBERKAH) di Islamic Microfinance Institutions yang bernama Koperasi Syariah Artha Mulya Lamongan memiliki keunikan dibanding yang lain yaitu nasabah diperbolehkan menyimpan uang sisa pengeluaran untuk belanja sebesar lima ratus rupiah atau lebih kedalam sebuah kaleng yang sebelumnya telah disediakan oleh koperasi syariah tersebut, kemudian strategi Pick Up Service sewaktu- waktu akan ada petugas yang mengambilnya dirumah nasabah. 2) Kekurangan dan kendala yang dihadapi oleh Koperasi Syariah TKI Artha Mulya saat melakukan Pick Up Service dari perspektif marketing yaitu membutuhkan tenaga dan waktu yang lebih ekstra di banding dengan nasabah yang datang sendiri ke kantor, dan 3) Keuntungan dan kelebihan yang di dapat Koperasi Syariah TKI Artha Mulya dalam menjalankan Pick Up Service dalam perspektif nasabah adalah nasabah tidak perlu ke kantor, dan loyalitas serta rasa kekeluargaan antar nasabah dengan koperasi syariah semakin erat.