Pengaruh Motivasi dan Persepsi Terhadap Minat Mahasiswa Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAK) di Kota Semarang

Abstract

Penelitian ini menginvestigasi pengaruh motivasi (kualitas, karir, ekonomi dan sosial) dan persepsi (biaya pendidikan dan lama studi) terhadap minat mahasiswa mengikuti PPAk. Variabel yang digunakan adalah motivasi kualitas, motivasi karir, motivasi ekonomi, motivasi sosial, persepsi biaya pendidikan dan persepsi lama studi sebagai variabel independen, dan minat mahasiswa mengikui PPAk sebagai variabel dependen. Penelitian menggunakan kuesioner dengan jumlah sampel sebanyak 73 orang. Alat analisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan motivasi kualitas, motivasi karir, motivasi ekonomi, motivasi sosial, persepsi biaya pendidikan dan persepsi lama studi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa akuntansi mengikuti PPAk. nilai dari model regresi diperoleh sebesar 0,356, yang berarti bahwa 35,6% minat mahasiswa mengikuti PPAk dapat dijelaskan oleh ke-6 variabel tersebut. Namun, berdasarkan analisis parsial, hanya motivasi karir dan motivasi sosial yang berpengaruh positif signifikan terhadap minat mahasiswa akuntansi studi PPAk di kota Semarang. Sedangkan variabel lainnya seperti motivasi kualitas, motivasi ekonomi, persepsi biaya pendidikan dan persepsi lama studi tidak mempengaruhi minat mahasiswa akuntansi mengikuti PPAk di kota Semarang