ANALISIS KESESUAIAN TIPE KECERDASAN MAJEMUK DENGAN GAYA BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH EVOLUSI

Abstract

Penelitian dengan judul analisis kesesuaian tipe kecerdasan majemuk dengan gaya belajar mahasiswa pada mata kuliah evolusi, penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan persentase kesesuaian tipe kecerdasan majemuk dengan gaya belajar mahasiswa pada mata kuliah evolusi. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 10 September sampai dengan 10 November 2017. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan jumlah sampel 50 mahasiswa yang mengikuti kelas evolusi. Data yang dieperoleh dari hasil tes tipe kecerdasan majemuk dan tes penentuan gaya belajar mahasiswa dihitung persentase tingkat kesesuaian kedua hal tersebut. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa 70 % mahasiswa memiliki tipe kecerdasan majemuk yang sama persih dengan gaya belajarnya, 22% mahasiswa yang memiliki tipe kecerdasan majemuk yang hampir sama persis dengan gaya belajarnya,  dan terdapat 8% mahasiswa yang tidak memiliki tipe kecerdasan majemuk yang sama dengan gaya belajarnya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah secara umum terdapat kesesuian anatara tipe kecerdasan majemuk dengan gaya belajar yang dimiliki oleh mahasiswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran mata kuliah evolusi.