ANALISIS PELAKSANAAN BELAJAR DARI RUMAH (BDR) PADA SISWA MTSN 4 ACEH BESAR DAN MTSN 2 ACEH BESAR DALAM MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan metode Belajar Dari Rumah (BDR) untuk siswa MTs di MTsN 4 Aceh Besar dan MTsN 2 Aceh Besar masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan metode survei, populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu MTsN 4 Aceh Besar dan MTsN 2 Aceh Besar, sedangkan sampel yang digunakan yaitu siswa kelas VIII dengan jumlah responden 60 orang. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa hasil angket yang dibagikan ke siswa/orangtua masing -masing sekolah berjumlah 25 untuk MTsN 4 Aceh besar dan 20 MTsN 2 Aceh Besar dan org tua sebanyak 15 orang secara online dengan menggunakan Google Form. Hasil yang didapatkan dari siswa/orang tua, menyatakan bahwa BDR ini dinilai kurang efektif dengan menggunakan metode belajar online. Karena kurangnya sarana dan prasarana dari pemerintah, seperti kejelasan kurikulum, kuota, dan jaringan. Hasil kuisioner tanggapan siswa terdapat banyaknya kekurangan dalam penerapan BDR dibandingkan dengan kelebihannya. Sebaiknya untuk berjalannya kegiatan proses belajar secara efektif di MTs maka pemerintah harus mempersiapkan kebutuhan sekolah agar siswa menjalankan proses pembelajaran secara online ini