PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMAN 11 BANDA ACEH

Abstract

Proses belajar mengajar saat ini perlu mengedepankan keterampilan proses sains (KPS) siswa, karena aspek keterampilan proses sains merupakan dasar utama pembelajaran sains dalam pelajaran Biologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur peningkatan keterampilan proses sains siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan model konvensional pada materi sistem pernapasan di SMAN 11 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperiment dengan desain pretest posttest non equivalent groups. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan soal tes. Berdasarkan hasil penelitian terdapat peningkatan keterampilan proses sains siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning lebih tinggi yaitu 78,6% dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan model konvensional sebesar 47,2%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa keterampilan proses sains siswa yang menggunakan model Discovery Learning lebih tinggi dari pada siswa yang menggunakan model konvensional.