PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DIKELAS VIII MTsS MARDHATILLAH KOTA SUBULUSSALAM

Abstract

Kurangnya keaktifan siswa pada mata pelajaran Biologi pada materi sistem pernapasan pada manusia di MTsS Mardhatillah Kota Subulussalam salah satunya disebabkan oleh kurangnya variasi media pembelajaran dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh penggunaan alat peraga terhadap perbedaan peningkatan keaktifan belajar siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol yang dibelajarkan dengan metode konvensional pada materi sistem pernapasan di MTsS Mardhatillah Kota Subulussalam. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment Design yaitu Pre-test Post-test Non-equivalent Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsS Mardhatillah Kota Subulussalam, sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 16 siswa dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Total Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi untuk melihat keaktifan siswa. Teknik analisis data keaktifan belajar siswa dilakukan dengan menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keaktifan belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan alat peraga dengan kelas yang dibelajarkan dengan metode konvensional.