PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING DAN MEDIA VISUAL PADA MATERI KINGDOM ANIMALIA
Abstract
Pembelajaran aktif adalah salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Belajar aktif merupakan langkah cepat, menyenangkan dalam meningkatkan pemahaman materi. Upaya untuk mendukung pemahaman materi dibutuhkan model dan media yang tepat sesuai dengan materi yang dibelajarkan. Dalam belajar aktif yang paling penting siswa dapat memecahakan masalah secara mandiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktifitas belajar siswa dengan model discovery learning dan media visual pada kingdom animalia. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian inimenunjukkan bahwasannya aktivitas belajar siswa kelas eksperimen pada pertemuan 1 rata-rata 82,95%, pada pertemuan 2 yaitu 86,36 dan pada pertemuan 3 yaitu 90,68%. Angka-angka tersebut meunjukkan aktivitas belajar siswa berada pada kategori sangat aktif, sedangkan pada kelas kontrol pertemuan 1 yaitu 65,90%, pada pertemuan 2 yaitu 68,18% dan pada pertemuan ke 3 yaitu 77,84% yang menunjukan aktivitas belajar siswa pada kategori aktif. Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa dengan model discovery learing dan media visual dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi kingdom animalia.