STUDI EVALUASI KEMAMPUAN TPACK (TECHNOLOGYCAL, PEDAGOGICAL, AND CONTENT KNOWLEDGE) GURU BIOLOGI SMA/MA KECAMATAN DEWANTARA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan TPACK guru biologi di SMA/MA Kecamatan Dewantara. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian adalah dengan teknik tes untuk mengukur tingkat penguasaan TPACK guru biologi. Sampel pada penelitian ini berjumlah 22 orang guru biologi yang diambil secara keseluruhan dari 8 SMA/MA yang ada di Kecamatan Dewantara. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan TPACK guru biologi memiliki persentase yang cukup (49%) dengan masing- masing kemampuannya: (a) CK sebesar 61% (baik), (b) PK sebesar 67% (baik), (c) PCK sebesar 58% (cukup), (d) TK sebesar 40% (kurang baik), (e) TCK sebesar 53% (cukup), (f) TPK sebesar 25% (kurang baik), dan (g) TPACK sebesar 39% (kurang baik). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan TPACK guru Biologi di SM/MA Kecamatan Dewantara termasuk dalam kategori cukup baik