PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN MELALUI PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA MAN MODEL BANDA ACEH

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang Upaya Peningkatan Keterampilan Memecahkan Masalah pada Materi Pencemaran Lingkungan Melalui pembelajaran berbasis proyek pada bulan Mei 2014 di MAN Model Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan keterampilan memecahkan masalah siswa sebelum dan sesudah diajarkan dengan model pembelajaran berbasis proyek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan one group pretest posttes design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 240 siswa, sampelnya dipilih secara acak yaitu kelas X4 sebanyak 30 siswa. Instrumen yang digunakan adalah soal tes uraian untuk keterampilan memecahkan masalah. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes kemampuan awal (pretes) dan tes kemampuan akhir (postes). Data di analisis dengan menggunakan pair sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan memecahkan masalah (N-gain) adalah 66,37 dengan kategori sedang dan nilaithitung 18,89>ttabel 2,045 pada taraf signifikan 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis proyek berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan keterampilan memecahkan masalah siswa pada materi pencemaran lingkungan di MAN Model Banda Aceh.