KONSEP MERDEKA BELAJAR-KAMPUS MERDEKA (MBKM) : APLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN BIOLOGI

Abstract

Kebijakan merdeka belajar menjadi suatu isu yang ramai didiskusikan didunia pendidikan, konsep yang menyuarakan adanya kemerdekaan dalam belajar ini dilakukan dalam upaya mempersiapkan mahasiswa lulusan perguruan tinggi baik negeri atau swasta agar dapat menghadapi perkembangan zaman serta perubahan yang terjadi sangat cepat. Konsep merdeka belajar berusaha untuk menyiapkan lulusan sebagai pemimpin masa depan yang lebih unggul dan berkepribadian. Program-program merdeka belajar sangat fleksibel sehingga diharapkan akan mampu menfasilitasi mahasiswa mengembangkan potensinya sesuai dengan passion dan bakatnya. Artikel ini akan melihat 1) 8 program merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) yang tertuang di dalam Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka terbitan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Terbit tahun 2020); 2) Bentuk kegiatan pembelajaran di dalam Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Abulyatama, terutama pada TA 2019/2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 8 program merdeka belajar kampus merdeka antara lain; 1) pertukaran pelajar, 2) magang/praktik kerja, 3) mengajar diinstansi pendidikan, 4) proyek di desa, 5) penelitian/riset, 6) kegiatan kewirausahaan, 7) studi/proyek independent dan 8) proyek kemanusiaan. Pada Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unaya telah menjalankan program pertukaran pelajar dengan Universitas Almuslim dan program asisten mengajar di instansi pendidikan serta program membangun desa/kuliah kerja nyata tematik.