PEMANFAATAN MODUL PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH DI SMAN 5 KOTA BANDA ACEH

Abstract

Kurangnya pemanfaatan media dan bahan ajar dalam pembelajaran dapat menyebabkan menurunnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui pemanfaatan modul pembelajaran pada materi sistem peredaran darah di SMAN 5 Kota Banda Aceh. Penelitian ini telah dilaksanakan di SMAN 5 Kota Banda Aceh pada Bulan Mei 2016. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA yang berjumlah 105 orang siswa. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI MIA3 dan XI MIA4 yang berjumlah 49 orang siswa. Metode yang digunakan adalah metode True Experiment dengan desain Pre-Test Post-Test Control Group Design.  Analisis data  menggunakan uji t. Hasil uji t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan ttabel = 2,02 dan thitung = 4,135 (sig. 0,000 < 0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan antara pembelajaran menggunakan modul dengan pembelajaran konvensional pada materi sistem peredaran darah di SMAN 5 Kota Banda Aceh.