ANALISIS KETERAMPILAN METAKOGNISI SISWA DENGAN PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PEMBERDAYAAN BERPIKIR MELALU PERTANYAAN PADA SISWA SMP NEGERI 2 BANDA ACEH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan metakognisi siswa dengan penerapan strategi pembelajaran pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan pada siswa SMP Negeri 2 Banda Aceh. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Banda Aceh yang berjumlah 334 siswa (9 kelas). Pengambilan sampel secara acak dan sampel penelitian pada 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen untuk mengukur keterampilan metakognisi menggunakan Metacognitive Inventory Junior. Analisis data keterampilan metakognisi dilakukan persentase dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata keterampilan metakognisi siswa kelas eksperimen (80,75) > kelas kontrol (61,28). Hasil uji t pada keterampilan metakognisi juga menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu diperoleh thit = 3,95 > ttab = 2,018. Simpulan penelitian menunjukkan tingkat keterampilan metakognisi siswa dengan penerapan strategi pembelajaran pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan pada level OK dan kelas kontrol pada level DEVELOPMENT