PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DENGAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEKOLAH MELALUI COOPERATIVE JIGSAW DI SMA NEGERI 1 KRUENG BARONA JAYA
Abstract
Penelitian yang berjudul “Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem Dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekolah Melalui Cooporative Jigsaw Di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya†telah dilakukan pada tanggal 27 April sampai dengan 11 Mei2012 di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa melalui pembelajaran cooperative jigsaw dengan memanfaatkan lingkungan sekolah pada pokok bahasan ekosistem di kelas X SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya.Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan sampel penelitian kelas X1 dan X7 . Teknik pengumpulan data dengan tes. Analisis data digunakan rumus uji-t. Hasil analisis dari penelitian diperoleh harga t hitung t tabel = ( 4,76 2,68) pada taraf signifikan 0,05%. Kesimpulan yang diperoleh adalah Pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sekolah Ada Peningkatan Prestasi Belajar siswa Pada Pokok Bahasan Ekosistem Kelas X di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya. Pembelajaran memanfaatkan lingkungan sekolah melalui cooperative jigsaw dalam penelitian ini sangatlah tepat karena konsep-konsep yang bersifat abstrak dapat dipahami oleh siswa, sehingga tercapainya tujuan pembelajaran.