TUNTUTAN BSCS PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI SEBAGAI UPAYA MEMPERSIAPKAN GENERASI BIO-ENTERPRENEURSHIP DALAM MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA)
Abstract
Pesatnya perkembangan zaman dalam bidang pendidikan dan teknologi, maka akan menghasilkan intelektual yang memiliki jiwa sainstis terhadap keilmuwan yang dimiliki. Untuk mewujudkannya akan diperoleh dari proses pembelajaran ataupun penerapan kurikulum pada suatu sekolah/Negara. BSCS merupakan salah satu pusat pengembangan kurikulum dan pembelajaran biologi yang telah banyak menghasilkan dokumentasi terkait dengan pembelajaran biologi. BSCS menggunakan empat pendekatan dalam pembelajaran biologi yaitu ecological approach, inquiry approach, molecular approach dan Human approach. Tujuan dari penelitian ini untuk mewujudkan generasi memiliki jiwa entrepreneurship serta soft skill, mandiri dan kreatif dalam lingkungan masyarakat. Metode dalam penelitian ini menggunakan kajian literatur dengan pertimbangan atau dukungan dari para tokoh/ahli dengan didukung hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peneranan BSCS dengan menggunakan empat pendekatan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil tes peserta didik terhadap tiga domain yaitu afektif, kognitif dan spikomotorik.