PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI CIRI-CIRI KHUSUS YANG DIMILIKI HEWAN MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DI KELAS VI MIN MESJID RAYA BANDA ACEH
Abstract
Pelaksanaan pembelajaran Sains yang baik tergantung antara lain pada cara guru menyajikan materi, mengelola kelas dan menggunakan model pembelajaran yang aktif, kreatif dan menyenangkan. Salah satu model pembelajaran yang dapat membangkitkan motivasi belajara siswa adalah model pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick yang merupakan salah satu cara yang efektif untuk membuat suasana belajar siswa untuk berdiskusi dan kerjasama di kelas sehingga siswa termotivasi untuk belajar dan memperoleh hasil belajar sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengajarkan sains pada materi ciri-ciri khusus yang dimiliki kewan dengan menggunakan model kooperatif tipe Talking Stick. (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa pada saat belajar Sains pada materi ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan melalui model kooperatif tipe Talking Stick. (3) Mengetahui hasil belajar siswa setelah belajar Sains pada materi ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan melalui model kooperatif tipe Talking Stick. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK atau Classroom Action Research). Penelitian ini dilakukan melalui dua Siklus. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Lembar observasi kemampuan guru dan aktivitas siswa serta Soal Test. Kemudian data ini dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian yang diperoleh adalah, (a) Kemampuan guru meningkat dari 83% pada siklus I menjadi 93% pada siklus II. (b) Aktivitas siswa meningkat dari 88% pada siklus I menjadi 94% pada siklus II. (c) Hasil tes prestasi belajar siklus I 58% meningkat menjadi 92% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick pada pembelajaran Sains siswa lebih aktif, dan hasil belajarnya meningkat.