KEMAMPUAN ANALISIS ISU SUSTAINIBILITY SISWA SEKOLAH MENENGAH PHARMASI SEMARANG JAWA TENGAH

Abstract

Manusia dengan beragam aktivitasnya berdampak pada penurunan kualitas lingkungan hidup. Menanamkan pemahaman lingkungan hidup dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya melalui pembelajaran perlu dihadirkan isu-isu yang relevan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kemampuan siswa dalam melakukan analisis isu-isu sustainibility yang meliputi tiga ranah yaitu lingkungan, sosial budaya dan ekonomi. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan populasi siswa Sekolah Menengah Pharmasi kelas X dan kelas XI, teknik pengambilan sampel dengan menerapkan purposive sampling dengan instrumen penelitian adalah adaptasi dari instrumen MSELS, analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, menyimpulkan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan melakukan analisis isu sustainibility siswa kelas X pada ranah sosial dan lingkungan pada kategori sangat kurang dan ranah ekonomi pada kategori sangat baik, sedangkan kelas XI kemampuan analisis isu ranah sosial pada kategori sangat kurang, pada ranah lingkungan dan ekonomi pada kategori baik.