PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA ORGAN GERAK HEWAN MELALUI DISCOVERY LEARNING DI SEKOLAH DASAR NEGERI DASAN RAJA KECAMATAN PENANGGALAN

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran untuk memahami konsep-konsep yang mereka pelajari melalui pengalaman langsung dan menghubungkannya dengan pengalaman-pengalaman nyata. Keterlibatan aktif tersebut akan membuat siswa memperoleh pengalaman belajar yang luas sehingga dimungkinkan siswa dapat mencapai hasil belajar yang lebih bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Dasan Raja Kecamatan Penanggalan melalui penerapan model Discovery Learning pada tema Organ Gerak Hewan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berlangsung dalam 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas V kompetensi keahlian multimedia SD Negeri Dasan Raja. Tempat penelitian di SD Negeri Dasan Raja Kecamatan Penanggalan yang dilaksanakan pada bulan Oktober s/d November 2020. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Instrumen penelitian berupa lembar observasi untuk mengetahui keaktifan siswa, dan tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda diperluas yang berjumlah 10 soal di setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada keaktifan siswa sehingga dapat tercapainya ketuntasan klasikal. Persentase keaktifan siswa pada siklus I yaitu 79,51% meningkat menjadi 87,67% pada siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus I tergolong rendah dengan ketuntasan klasikal 76,47%, meningkat pada siklus II dan mencapai ketuntasan klasikal dengan persentase ketuntasan 91,42%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning pada tema Organ Gerak Hewan dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.