PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KONSEP SISTEM PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA DI SMP NEGERI 2 BANDAR DUA

Abstract

Penelitian berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Konsep Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia di SMP Negeri 2 Bandar Dua”. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan mengggunakan model pembelajaran Learning cycle 5E pada konsep sistem pencernaan makanan pada manusia. Metode penelitian menggunakan desain one group pre-test post-test yang dilakukan di kelas VIIB SMP Negeri 2 Bandar Dua. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dan angket.  Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil belajar siswa setelah pembelajaran model Learning cycle 5E mengalami peningkatan dengan skor N-gain berkategori tinggi. Respon siswa terhadap pembelajaran mendapat respon positif serta kendala yang ditemukan dalam proses pembelajaran telah diberikan alternatif solusi. Kesimpulan hasil penelitian ini, bahwa penerapan pembelajaran  model Learning cycle 5E yang digunakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMP Negeri 2 Bandar Dua konsep sistem pencernaan makanan pada manusia.