PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEKSTUAL LEARNING BERBASIS WIDYA WISATA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMAN UNGGUL ALI HASJMY ACEH BESAR
Abstract
Penelitian tentang “Penerapan Model Pembelajaran Contekstual Learning dengan Melakukan Widya Wisata Ke Pantai Ujong Kareng Dan Lhok Mee Pada Materi Animalia Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMAN Unggul Ali Hasjmy Aceh Besar†bertujuan untuk mengetahui sejauhmana penerapan medel pembelajaran contekstual learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X di SMAN Unggul Ali Hasjmy khususnya dalam penguasaan konsep Animalia. Dilaksanakan pada bulan Januari sampai Mei semester genap tahun pelajaran 2013/2014. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kaulitatif, dengan jenis penelitian PTK atau action research. Hasil penelitian diketahui bahwa hasil belajar siswa dari siklus I sampai dengan siklus II mengalami peningkatan. Pada siklus I hasil rata-tata yang diperoleh adalah 69,8 meningkat menjadi 80,2 (10,4%) pada siklus ke II. Kemampuan guru mengajar (KGM) dari siklus I sampai dengan siklus III mengalami peningkatan. Pada siklus I hasil nilai rata-rata yang diperoleh adalah 64 meningkat menjadi 75 pada siklus II. Berdasarkan dari hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan guru mengajar mengalami peningkatan pada tiap siklusnya dengan nilai 11%. Peningkatan tersebut mencerminkan bahwa aktifitas guru yang mengajar dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual dengan melakukan Widya Wisata dapat dilaksanakan dengan baik pada materi Animalia di SMAN Unggul Ali Hasjmy Aceh Besar. Berdasarkan dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kontekstual pada materi Animalia terhadap siswa kelas X SMAN Unggul Ali Hasjmy Aceh Besar dengan melakukan Widya wisata dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar.