NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KABUPATEN ACEH SELATAN
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menjabarkan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran biologi di Aceh Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Aceh Selatan dengan melibatkan 4 guru biologi dengan teknik purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, selanjutnya melakukan wawancara dengan guru dan analisis dokumen RPP guru untuk menemukan informasi tambahan sebagai data pendukung. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai karakter yang diintegrasikan dalam pembelajaran biologi di sekolah adalah peduli kesehatan, religius, mandiri, tolerensi, bersahabat/komunikatif, peduli sosial, tanggung jawab, serta karakter peduli lingkungan sudah dilakukan. Namun persentase setiap karakter berbeda, nilai karakter yang paling tinggi dalah nilai religius, mandiri dan tanggung jawab, bersaabat/komunikatif 100%. Toleransi 75%, peduli sosial dan peduli lingkungan 50% terendah adalah peduli kesehatan 25%.