UJI KELAYAKAN TERHADAP BAHAN AJAR BERBENTUK CERITA BERGAMBAR PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI SMPN 1 PEUKAN BADA

Abstract

Pengembangan bahan ajar untuk peserta didik dalam pembelajaran IPA saat ini masih tergolong rendah. Sehingga masih terdapat berbagai masalah khususnya pada materi-materi Biologi pada tingkat SMP/MTsN. Pada materi Sistem Pencernaan Manusia. Dengan menghasilkan bahan ajar berbentuk cerita bergambar untuk kelas VIII SMP/MTsN. Model yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan model R&D dengan rancangan penelitian 4D (four-D model) yaitu melalui tahap define (pendefinisian), tahap design (perancangan), tahap develop (pengembangan) dan tahap dessimination (penyebaran). Instrument dalam penelitian ini berupa angket checklist yang bersifat tertutup. Hasil penelitian menunjukan bahwa bahan ajar berbentuk cerita bergambar diperoleh persentase (88%) dalam kategori sangat layak, ahli materi diperoleh persentase  (76%) dalam kategori layak dan berdasarkan hasil respon peserta didik mendapatkan total persentase (84,6%) dalam kategori sangat baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbentuk cerita bergambar pada Materi Sistem Pencernaan. Manusia layak digunakan sebagai salah satu media pembelajaran peserta didik di kelas VIII SMP/MTsN.