PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI SMPN 1 JEUMPA KABUPATEN ACEH BARAT DAYA
Abstract
Rendahnya hasil belajar siswa dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah aktivitas belajar siswa rendah. Rendahnya aktivitas ini dapat disebabkan karena penggunaan model dan media yang digunakan masih didominasi dengan metode ceramah, sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Oleh karena itu permasalahan tersebut perlu dicari solusi, yaitu dengan mengembangkan model dan media dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas VII dalam pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran think talk write berbasis lingkungan pada materi ekosistem di SMPN 1 Jeumpa Kabupaten Aceh Barat Daya. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Eksperimental Design dalam bentuk One-Group Pretest-postest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMPN 1 Jeumpa yang terdiri dari 5 kelas, sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII 3 yang berjumlah 23 siswa dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Pengumpulan data menggunakan soal tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Analisis data hasil belajar menggunakan uji statistik t-test pada taraf signifikan 0,05. Hasil analisis statistik menggunakan t-tes diperoleh thitung = 16,70 sedangkan ttabel = 1,71 sehingga thitung ≥ ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model think talk write berbasis lingkungan pada materi ekosistem terjadi peningkatan terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPN 1 Jeumpa Kabupaten Aceh Barat Daya.