PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP BERPIKIR KRITIS, HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA PADA MATERI EKOSITEM DI SMA NEGERI 1 KRUENG BARONA JAYA KABUPATEN ACEH BESAR

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Penerapan Model Pembelajaran Project-Based Learning (PJBL) Terhadap Berpikir Kritis, Hasil Belajar dan Motivasi Siswa Pada Materi Ekositem Di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya Kabupaten Aceh Besar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Mia 1 SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya yang berjumlah 22 orang.Data diperoleh melalui tes yang diberikan kepada siswa setelah melalui pembelajaran menggunakan Project-Based Learning. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan rumus uji-t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa siswa tuntas secara individual harga t hitung t tabel = ( 4,76 2,68) pada taraf signifikan 0,05%. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkanbahwa menggunakan Project-Based Learning dapat membantu siswa dalam mencapai ketuntasan belajar baik secara individual maupun klasikal.