DESAIN MEDIA AUDIO-VISUAL PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA TINGKAT SMP DI KECAMATAN SUKAMAKMUR DAN KUTA MALAKA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendesain media audio-visual pada pembelajaran IPA materi Sistem Peredaran Darah Manusia setingkat siswa SMP di Kecamatan Sukamakmur dan Kuta Malaka. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model penelitian dan pengembangan yang sudah diadaptasi melalui tahap-tahap: 1) Analisis 2) Desain, 3) Pengembangan Produk, dan 4) Validasi. Tahap pengembangan diawali dengan tahap produksi yang menghasilkan produk awal, kemudian dilakukan validasi oleh ahli media, ahli ilmu teknologi, ahli materi dan guru ahli. Setelah direvisi, kemudian divalidasi kembali. Data yang dikumpulkan adalah data hasil validasi oleh ahli media, ahli ilmu teknologi, ahli materi dan guru ahli. Instrumen pengumpulan data berupa lembar penilaian/validasi untuk ahli media, ahli ilmu teknologi, ahli materi dan guru ahli dengan beberapa aspek penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: desain media audio-visual untuk pembelajaran IPA materi Sistem Peredaran Darah Manusia yang sudah teruji validitasnya adalah desain media audio-visual yang sangat baik (90,78%) untuk digunakan dalam rancangan media pembelajaran IPA Materi Sistem Peredaran Darah Manusia tingkat SMP di Kecamatan Sukamakmur dan Kuta Malaka.