MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN SEBAGAI UPAYA KONSERVASI TANAMAN SORGUM

Abstract

Sorgum merupakan salah satu tanaman langka yang tidak banyak diketahui oleh siswa. Sebagian warga masyarakat menganggap tanaman tersebut sebagai tanaman hama. Pembelajaran biologi memiliki peran dalam memberikan informasi dan konservasi tanaman sorgum.  Model Problem Based Learning memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengkaji permasalahan yang ditemukan dan upaya mengatasi permasalahan tersebut, salah satunya tentang tanaman Sorgum yang sudah mulai punah. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang didasarkan pada  hasil kajian literatur dan pengalaman penelitian dan pembelajaran biologi. Sintaks dalam model problem based learning memberikan informasi kepada siswa tentang deskripsi tanaman Sorgum, manfaat, dan cara penanamannya sekaligus permasalahnya yang mengalami kepunahan. Kegiatan investigasi memberikan kesempatan kepada siswa mencari informasi dari berbagai sumber tentang tanaman Sorgum dan menemukan bibitnya. Siswa mencari solusi untuk mengatasi permasalahan melalui upaya konservasi diantaranya dengan cara menanam sendiri dan mengajak warga untuk menanam bibit Sorgum.