EFEKTIFITAS PENGGUNAAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP DI MARDASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTsN) MONTASIK KABUPATEN ACEH BESAR

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi pembelajaran Ciri-ciri Makhluk Hidup dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini didisain dengan menggunakan metode Pre-Experiment dengan The Static-Group Comparison. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN Montasik Kabupaten Aceh Besar pada kelas VII-2 (kelas eksperimen) dan VII-3 (kelas kontrol) yang dipilih secara random dengan melibatkan 54 siswa.Data penelitian diperoleh dengan instrumen Lembar Observasi Aktivitas Siswa (LOAS) dan Test. Aktivitas siswa meliputi membaca dan menulis, mengerjakan LKS, mengajukan pertanyaan, diskusi kelompok, menanggapi hasil kerja kelompok lain, mempresentasikan, menyimpulkan dan membuat laporan hasil observasi. Analisis data dilakukan secara kualitatif (aktivitas siswa) dan kuantitatif (hasil belajar). Hasil analisis data diketahui bahwa penggunaan pendekatakan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi Ciri-ciri Makhluk Hidup berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti bahwa nilai rata-rata aktivitas belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi (4,09) daripada kelas control (3,32), dan hasil pengujian hipotesis tentang hasil belajar siswa (post-test) diperoleh t-hitung (6,157) lebih besar dari t-table (2,007), sehingga Ho ditolah dan Ha diterima.Artinya aktivitas dan hasil belajar siswa dengan pendekatan CTL lebih baik daripada siswa yang tidak menggunakan pendekatan CTL.