PENERAPAN PEMBELAJARAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS X SMAN 1 PEUSANGAN

Abstract

Penelitian tentang “Penerapan Pembelajaran Jelajah Alam Sekitar (JAS) terhadap Aktivitas belajar siswa pada materi Keanekaragaman Hayati di kelas X SMAN 1 Peusangan”, telah dilaksanakan pada tanggal 10-22 April 2013. Bertujuan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa siswa kelas X SMAN 1 Peusangan setelah diterapkan pembelajaran Jelajah Alam Sekitar pada materi Keanekaragaman Hayati. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Peusangan, sedangkan yang dijadikan sampel yaitu siswa kelas X4 sebagai kontrol dan X6 sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan secara random sampling. Pengumpulan data dari data aktivitas belajar siswa dengan menggunakan teknik non test. Analisis data aktivitas belajar dilakukan dengan rumus persentase. Hasil analisis data dari nilai rata-rata aktivitas visual kelas eksperimen adalah 86,67%, aktivitas lisan adalah 81,67%, aktivitas mendengarkan adalah 92%, aktivitas menulis adalah 83,33%, aktivitas mental adalah 80%, dan aktivitas emosional adalah 80%. Dan nilai rata-rata aktivitas visual kelas kontrol adalah 50%, aktivitas lisan adalah 66,67%, aktivitas mendengarkan adalah 62,5%, aktivitas menulis adalah 76,67%, aktivitas mental adalah 65% dan aktivitas emosional adalah 60%.