PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE Numbered Head Together TERHADAP HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 1 MONTASIK ACEH BESAR

Abstract

Proses belajar mengajar di SMPN 1 Montasik masih di dominasi oleh guru sehigga terlihat satu arah, sehingga siswa lebih banyak mendengarkan penjelasan guru, kondisi tersebut berpengaruh terhadap aktivitas siswa dalam proses belajar, berdasarkan hal tersebut maka guru dapat mengaktifkan siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) yang lebih menempatkan siswa sebagai subjek dalam kegiatan pembelajaran bukan sebagai objek, serta meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan aktivitas siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT di kelas VII SMPN 1 Montasik Aceh Besar. Rancangan penelitian ini menggunakan metode true experiment dengan Pre-test - Post-tes Design. Pengambilan sampel dari populasi menggunakan teknik Random Sampling, kelas VII1 dan VII3 dijadikan sampel dengan jumlah siswanya 24 setiap kelas. Pengumpulan data menggunakan soal test serta lembar observasi aktivitas. Analisis data tes menggunakan uji statistik t-test pada taraf signifikan 5% dan uji persentase untuk aktivitas siswa. Hasil penelitian diperoleh bahwa data hasil pre-test mencapai 29,5 dan post-test mencapai 71,5 terlihat dimana thitung > ttabel yaitu 4,073>2,012. Sedangkan rata-rata skor aktivitas belajar siswa pada pertemuan pertama mencapai 88,75% dan pertemuan kedua mencapai 90,87% yang dikatagorikan dalam tingkatan sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa pada materi klasifikasi tumbuhan.