PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATERI RUANG LINGKUP BIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 MUTIARA

Abstract

Penelitian dengan judul Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Pada Materi Ruang Lingkup Biologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Mutiara. Tujuan penelitian ini untuk menjabarkan peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran inkuiri pada materi ruang lingkup biologi di SMA Negeri 1 Mutiara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA N 1 Mutiara tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah siswa 180 orang. Dari keenam kelas X MIPA tersebut diberikan pre-test, kemudian yang diambil sebagai sampel hanya 2 kelas dilihat dari hasil nilai rata-rata yang hampir berdekatan.  Kemudian digunakan teknik random sampling (metode acak) untuk menentukan sebagai kelas eksperimen dan  kelas kontrol.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes yaitu tes akhir (post-test). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik uji-t. Berdasarkan hasil analisis N-Gain, nilai rata-rata post-test kelas eksperimen sebesar 0,43 dengan kategori sedang dan nilai rata-rata post-test kelas kontrol sebesar 0,24 dengan kategori rendah sehingga terjadi adanya peningkatan N-gain pada kelas eksperimen. Dari hasil analisis data diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,51 > 1,67 pada taraf signifikan 0,05. Berdasarkan data tersebut, makahipotesis yang dirumuskan yaitu penerapan model pembelajaran Inkuri dapat meningkatkan pemahaman konsep belajar siswa pada materi ruang lingkup biologi di kelas X SMA N 1 Mutiara dapat diterima kebenarannya.