IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE PEER LESSONS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KUALA KABUPATEN BIREUEN
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh aktivitas belajar siswa yang masih berkurang secara maksimal dalam proses pembelajaran. Selama ini, pelaksanaan pembelajaran masih didominasi dengan metode ceramah dan penggunaan model pembelajaran yang kurang bervariasi serta kurangnya pasrtisipasi siswa dalam pembelajaran sehingga berpengaruh pada aktivitas belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa pada materi sistem ekskresi manusia melalui model pembelajaran aktif tipe Peer Lessons. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas .Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Kuala Kabupaten Bireuen berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi untuk guru dan lembar observasi untuk siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan skor rerata dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru siklus I mencapai 80% dengan kriteria baik Siklus II mengalami peningkatan yaitu 92,5% dalam kriteia sangat baik Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I hanya mencapai 56,35% dengan kriteria kurang dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 73,35% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui implementasi model pembelajaran aktif tipe peer Lessons dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi Sistem Ekskresi Manusia.