PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI PESERTA DIDIK PADA MATERI DUNIA TUMBUHAN DI SMA NEGERI 2 SIGLI

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan motivasi peserta didik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode konvensional  pada materi dunia tumbuhan di SMA Negeri 2 Sigli. Pengambilan data dilakukan pada 19 April sampai dengan 03 Mei 2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan pretest postest control design. Penelitian ini dilaksanakan pada dua kelas yaitu X-IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X-IPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket motivasi untuk melihat motivasi belajar peserta didik. Analisis data menggunakan uji independent sample t-test dengan bantuan SPSS 20.0 for windows pada taraf  signifikan 0,05. Hasil uji t menunjukkan bahwa thit >ttab yaitu untuk motivasi belajar 2.479 > 2,002. Simpulan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan motivasi peserta didik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisons (STAD) dengan pembelajaran konvensional pada materi dunia tumbuhan di SMA Negeri 2 Sigli.